jangan lupa siapin kopi, rokok n gorengan biar ga bete pas jetting heheh.. soalnya ane rasa ente smua tau klu jetting karbu itu gampang2 susah.. gampang pas lagi beruntung, susah pas lagi sial :p
pertama pilih dulu karbu ente berdasarkan dari kubikasi (cc) mesin ente, dan mau ente bawa lari sampai RPM seberapa tinggi?
berhubung ane otodidak n males dgn segala rumus venturi,
nah kalo ente berniat ngebut diatas 10.000rpm, silahkan pake rumus venturi dibawah ini :
rumus menghitung kebutuhan karburator :
D= K x √ (CxN)
Dimana :
K = Konstanta (nillainya ada di antara 0.6 - 0.9, untuk motor harian disarankan 0.65)
D = diameter venturi karburator
N = RPM puncak tenaga yang di inginkan
C = CC mesin dalam liter
contoh : Motor dengan kapasitas mesin 125 cc bore up jadi 140cc, RPM puncak 10.000
D= K x √ (CxN)
D = 0,65 x √ (0,14 x 10.000)
D = 0,65 x √ 1400
D = 0,65 x 37,4165~
D = 24,32077~
maka untuk mempermudah mencari karburator digenapkan jadi venturi 24mm, klu mau lebih mendalam lg tentang rumus, monggo tanya mbah google #Peace
oke lanjut, coba perhatikan diagram karbu berikut ini:
lanjut lagi, perhatikan gambar busi dibawah ini:
dari gambar busi diatas, bisa kita ketahui mana warna busi yg paling optimal sebagai patokan dalam jetting karbu, so usahakan warna busi ente semirip mungkin dgn yg paling atas..
selanjutnya, perhatikan karbu ente, adakah terdapat POWERJET yg nyempil dimoncong karbu?
klu ada sebaiknya di tutup/buntukan dulu sementara selama proses jetting, tujuannya untuk mempercepat proses jetting itu sendiri, dan saat kombinasi PJ/MJ sudah ketemu, silahkan untuk dipasang powerjetnya sambil menurunkan MJ 1-3 step tergantung permintaan mesin n kondisi suhu wilayah ente berdomisili, sekedar remainder, karbu yg sama pada motor yg sama dengan setting mesin yg identikal sekalipun tapi wilayah berbeda bisa menghasilkan kombinasi PJ/MJ optimal yg berbeda pula :)
selanjutnya kita sambung ke part 2 ya..
No comments:
Post a Comment